LSM Dampal Jurig dan Samahi Centre Tebar Bibit Ikan Nila di Pajampangan

oleh -
LSM Dampal Jurig dan Samahi Center, Irvan Azis (paling kanan) pada penyerahan bibit ikan kepada kelompok tani dan pencinta lingkungan untuk ditebar di lingkungan ekosistem terbuka.

Wartawan Heri Setiawan

SUKABUMI.  LSM Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (Dampal Jurig) dan Sahabat Marwan Hamami Iyos Somantri (Samahi Centre)  terus bergerak untuk mewujudkan visi misi pasangan bupati dan wakil bupati Sukabumi. Salah satunya dengan menebar bibit ikan nila di wilayah Pajampangan, Minggu (11/4/2021).

banner 720x90

“Kegiatan ini digelar untuk mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati dalam upaya memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan taraf  kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua LSM Dampal Jurig dan Samahi Center, Irvan Azis ditemui di tempat pembagian bibit ikan nila.

Lokasi penebaran bibit ikan meliputi kecamatan-kecamatan Waluran, Cimanggu, Kalibunder, Surade, Cibitung, dan Tegalbuleud. Penebaran bibit ikan nila tersebut dilakukan di Muara Cikaso Cibitung, alur Sungai Kalibunder, Situ Cimanggu, dan Embung Waluran.

“Melalui kegiatan ini, kami mendorong terwujudnya janji-janji politik pasangan bupati dan wakil bupati pada Pilkada lalu,” ujar Irvan. 

Dalam pembagian bibit ikan itu, Irvan turut memantau dan terjun ke setiap titik bagi. Dia menyerahkan bibit ikan kepada pencinta lingkungan dan kelompok tani serta menyaksikan penglepasan bibit ikan di alam terbuka.

“Bibit ikan ditebar di eksositem yang tepat untuk memanfaatkan ketersediaan sumber daya alam. Tujuannya semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

banner 720x90

Kegiatan tersebut, lanjut Irvan, manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Dia juga meminta warga untuk selalu menjaga kelestarian alam dan tidak merusak ekosistem lingkungan. 

“Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian kami terhadap alam dan lingkungan serta menjaga habitat ikan air tawar yang ada di sungai dan kolam serta untuk menunjang ketahanan pangan,” tambahnya.

LSM Dampal Jurig dan Samahi Center akan terus mendorong masyarakat untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Tujuannya untuk menyelematkan bumi demi generasi mendatang. (*)