Sudah Difoto Tiga Kali, Rumah Butut Mak Karsiti Belum Juga Diperbaiki

oleh -
oleh
Kondisi rumah Mak Karsiti dalam posisi akan ambruk karena bagian-bagian bangunannya telah lapuk dimakan usia.
banner 720x90
Sehari-hari Mak Karsiti berjualan makanan di depan madrasah dengan penghasilan yang tidak menentu.

Wartawan Tim Bharindo

SUKABUMI. Kisah nestapa yang dialami Mak Karsiti warga Kampung Belentuk RT 02 RW 01, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi sulit diprediksi kapan akan berakhir. Dia hidup bersama seorang anak laki-lakinya  di rumah butut yang kondisinya sudah lapuk dimakan usia. 

banner 720x90

Hampir seluruh bagian bangunan yang konstruksinya terbuat dari kayu dan bambu kondisinya rusak parah. Ironisnya, hingga saat ini belum ada langkah dan upaya nyata dari pemerintah desa maupun pemerintah di atasnya untuk memperbaiki rumah Mak Karsiti.

“Rumah Mak Karsiti sudah difoto sebanyak tiga kali oleh utusan pemerintah desa. Bolak-balik memfoto sekeliling rumah emak, tapi sampai saat ini belum juga ada bantuan untuk memperbaiki rumah reyot ini,” kata salah seorang warga Kampung Belentuk, Desa Langensari, Selasa (6/4/2021).

Untuk memperbaiki rumahnya, ujar warga tersebut, Mak Karsiti tidak dapat mengandalkan kemampuan sendiri. Karena untuk memperbaiki rumahnya yang sudah lapuk tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit. 

“Penghasilan sehari-hari hanya cukup untuk makan. Dia berjualan makanan di madrasah. Punya anak, tapi tidak bisa banyak membantu karena belum mempunyai pekerjaan tetap. Terpaksa di usia yang sudah senja ini, beliau harus menanggung beban derita yang sangat berat,” ungkapnya.

Untuk itu, warga tadi mengetuk pintu hati para aghniya termasuk  pemerintah untuk  membantu memperbaiki rumah Mak Karsiti agar tidak ambruk.  

banner 720x90

“Harapan Emak satu-satunya adalah menunggu pertolongan Allah SWT dan kemurahan hati pemerintah dan warga yang memiliki kelebihan rezeki untuk membantu memperbaiki rumah yang sudah tidak layak ditempati ini,” tuturnya. (*)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.