Warga Sundawenang Protes, Tandu Ambulans Disimpan di Dekat Tumpukan Sampah

oleh -
Tandu kesehatan disimpan di dekat sampah yang bertumpuk dan dibungkus plastik di belakang Kantor Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Tim Bharindo

SUKABUMI.  Pemerintah Desa  Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi tengah dalam sorotan warga. Pasalnya,  ada oknum perangkat desa yang menyimpan tandu pengangkut orang sakit di dekat tumpukan sampah di belakang Kantor Desa Sundawenang.

banner 720x90

Semestinya tandu tersebut berada di dalam ambulans yang steril dari kotoran. Ini malah diletakkan di bagian belakang kantor desa yang bercampur dengan tumpukan  sampah.

“Saya menyayangkan sikap oknum Pemdes Sundawenang yang terkesan mengabaikan prinsip-prinsip kesehatan. Bagaimana mungkin, sarana kesehatan yang seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik dibiarkan begitu saja bercampur dengan sampah,” kata warga yang tidak ingin diungkap jati dirinya, Kamis (1/4/2021).

Sekilas, tandu tersebut seperti tidak ada harganya. Padahal alat itu sangat penting untuk mengevakuasi warga yang sakit. Semestinya, kata dia, sarana kesehatan semacam itu disimpan di dalam ambulans atau di bagian dalam kantor desa yang resik dan bebas sampah.

Warga tersebut juga menyoroti banyaknya sampah  yang bertumpuk dan berserakan di belakang Kantor Desa Sundawenang. Di dekat tandu tersebut, berbagai jenis sampah berserakan tidak beraturan. Sebagian sampah dibungkus plastik, sebagiannya lagi berceceran di sekitar tandu.

“Tapi kalau melihat bagian depan kantor desa, tampak sekali bersih dan rapih. Bahkan rapih sekali. Sebaiknya bagian belakang desa juga bersih seperti di bagian depan,” tuturnya.  

banner 720x90

Dia berharap kepada Pemdes Sundawenang untuk segera membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah di lingkungan kantor desa. Selain itu, perangkat desa bisa mengatur tata cara penyimpanan barang-barang milik desa seperti tandu itu.

“Pada berbagai kesempatan, saya sering mendengar pidato Pak Kades yang mengimbau warga agar menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Mari kita laksanakan imbauan Pak Kades itu,” ujar dia. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.