Jabar Siap Menjadi Tuan Rumah Gernas Bangga Buatan Indonesia

oleh -
oleh
Gubernur Jabar HM. Ridwan Kamil ketika mengikuti rakor persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar.
banner 720x90

Wartawan Dudi Surahman

BANDUNG. Jabar akan jadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi UKM dan Kantor Perwakilan BI Jawa Barat. Gernas BBI akan digelar mulai bulan April 2021.

banner 720x90

Event ini akan mempromosikan dan menawarkan produk UMKM  lokal selama sebulan penuh sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19.

Jawa Barat  ditunjuk sebagai tuan rumah dan rencananya Gubernur Ridwan Kamil menjadi brand ambassador atau key opinion leader (KOL) Gernas BBI.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat bersiap untuk bertransaksi digital karena produk UMKM yang dijual sebagian besarnya akan dijual secara online.

“Jangan hanya UMKM yang dipaksa untuk on boarding digital, masyarakat juga harus dipaksa untuk melakukan transaksi digital,” ujarnya usai rakor persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Minggu (21/3/2021) di Gedung Sate, Kota Bandung.

Di sisi lain, pelaku UMKM harus menerima produknya dikritisi agar dapat berkembang dan berani bersaing dengan produk lain.

banner 720x90

“Saya pun melihat produk yang dihasilkan UMKM itu berkualitas dan sangat bagus, maka dari itu harus mau dikritisi agar dapat berkembang. Saya yakin dengan teamwork semuanya akan berjalan lancar dan saya juga ingin berada dalam tim tersebut,” ungkapnya.

Menurut Gubernur, untuk menyukseskan program ini Jabar telah berkolaborasi dengan provinsi lain, salah satunya Bali.

“Saya telah bertemu Gubernur Bali, karena Bali kan ekonominya lebih terdampak daripada kita. Ada semangat kolaborasi dan solidaritas yang akan dikerjasamakan,” katanya.

“Intinya luar biasa kolaborasinya, pokoknya belanja UMKM adalah bela negara,” tambahnya.

Gernas BBI akan dilaksanakan secara hybrid, ada yang mengikuti via online dan bisa juga secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Gernas BBI bertujuan agar masyarakat bangga  membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri.

“Yang paling utama kita ingin mendorong semakin banyak UMKM yang sudah mulai go digital,” ujarnya.

Teten berujar, Gernas BBI tuan rumahnya adalah Jabar dan Ridwan Kamil sebagai brand ambassador. Diharapkan partisipasi UMKM Jabar tinggi.

“Jadi saya kira Kang Emil adalah sebagai brand ambassador yang tepat untuk produk UMKM karena itu nanti akan dikurasi produk-produk UMKM yang kita mau dorong di bulan April ini, nah ini kerja kolaborasi dengan semua pihak kami,”ucapnya.

Teten mengucapkan banyak terimakasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung kegiatan Gernas BBI, di antaranya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan kalangan perbankan lain termasuk BJB.

“Jadi ini saya kira nanti April selama sebulan penuh tiap hari kita promosikan produk UMKM. Kita ajak seluruh masyarakat Jabar dan Indonesia untuk membeli produk UMKM dari Jabar, karena produknya sudah unggul,” sebutnya.

“Karena memang produknya lebih keartisan yang unggul yang punya daya saing sehingga di satu tahap untuk mendorong produk UMKM kita on boarding di platform digital global,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto menyampaikan rakor membahas juga gelaran Sinergi Pekan Kerajinan Jabar dan Karya Kreatif Jabar 2021 persembahan pemdaprov, pemkab/pemkot, dan dekranasda, dengan dukungan utama dari BI Jabar, BI Cirebon dan BI Tasikmalaya.

“Ini adalah sebagai dukungan terhadap Gernas BBI yang di bulan April akan berlokasi di Jabar sebagai main event nasional,”katanya.

Katanya, event tersebut akan mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

“Sebagai upaya berkesinambungan untuk menciptakan new UMKM Jabar secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing. Bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi optimal di masa pandemi terhadap perekonomian tidak hanya Jabar, tapi juga nasional,” imbuhnya.

Nantinya, dalam rangkaian acara akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar dan Dekranasda Jabar.

Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan, dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jabar secara nasional.

“Mari kita dukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan mendukung Gernas BBI dan BWI melalui pembelian produk UMKM dan berwisata di dalam negeri namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,”ujarnya. (Sumber Pemprov Jabar)

No More Posts Available.

No more pages to load.