Kampung Salagadog Direndam Banjir, Satu Rumah Rusak Berat

oleh -
Luapan air banjir menerjang dan menggenangi Kampung Salagadog, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.
Salah satu masjid di Kampung Salagadog terendam air banjir.

Wartawan Dudi Surahman

SUKABUMI.  Kampung Salagadog RT 02 RW 05 Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dilanda banjir besar karena hujan deras. Akibat bencana tersebut, satu rumah mengalami rusak berat serta rumah-rumah lainnya dan fasilitas umum terendam air banjir.

banner 720x90

Kepala Desa Jayabakti, Opik mengatakan, pihaknya telah melaporkan musibah tersebut kepada Camat Cidahu. Selain itu jajaran Pemdes Jayabakti ikut membantu korban banjir membersihkan rumah dari kotoran dan sampah.

“Kami sudah terjun ke lokasi banjir tadi malam. Kejadian banjir telah pula dilaporkan kepada Pak Camat,” kata Kades Opik, Jumat (19/3/2021) pagi.

Banjir terjadi pada Kamis (18/3/2021) selepas senja sekitar pukul 18.15 WIB. Saat itu, kawasan Desa Jayabakti dan wilayah Kecamatan Cidahu dilanda hujan deras. Hal yang sama juga menimpa Kampung Salagadog di Desa Jabakti.

Ketika hujan turun dengan derasnya, kali yang terdapat di Kampung Salagadog tidak dapat menampung limpahan air. Akibatnya air meluap dari sungai dan masuk ke permukiman penduduk.

Luapan air bah ini masuk rumah-rumah dan bangunan fasilitas umum. Air menggenangi halaman rumah dan sarana ibadah.

banner 720x90

Satu rumah milik warga atas nama Eman (45) di Kampung Salagadog mengalami rusak berat akibat banjir tersebut. Dinding rumahnya jebol akibat tekanan air yang melebihi daya tahan fondasi bangunan.

Taksiran nilai kerugian akibat banjir tersebut kira-kira Rp45 juta termasuk rumah Eman yang rusak berat. (*)   

No More Posts Available.

No more pages to load.