Kecamatan Surade Menggelar Penanaman Mangrove di Tiga Titik Pantai

oleh -
Jajaran Muspika Surade ikut terjun ke lapangan untuk menanam pohon mangrove di pantai-pantai yang terancam abrasi.

Wartawan Dudi Surahman

SUKABUMI. Kantor Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menggelar reboisasi dengan menanam pohon mangrove di tiga titik pantai, Sabtu (16/1/2021). Penanaman pohon itu dilaksanakan di wilayah Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

banner 720x90

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Camat Surade Ukat Sukayat dan melibatkan unsur Muspika Kapolsek Surade, Danramil Surade, serta penggiat lingkungan dan aktivis sosial kemasyarakatan.  Tim reboisasi berangkat dari Balai Desa Cipeundeuy menuju lokasi penanaman mangrove. 

Lokasi yang dijadikan tempat penanaman terdiri dari Pantai Muara Cipasung, Pantai Cikalapa, dan  Muara Cipamarangan. Ketiga pantai itu berbatasan langsung dengan laut terbuka Samudera Indonesia.

“Ombak di pantai-pantai tersebut sangat besar sehingga selalu terancam abrasi. Karena itu lokasinya dipilih sebagai tempat penanaman mangrove,” kata Camat Ukat.

Tim menyebar ke berbagai lokasi untuk menanam bibit mangrove. Mereka menyusuri titik-titik yang paling rawan terkena abrasi.

“Jumlah pohon mangrove yang ditanam mencapai 4.000 batang. Pohon ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi,” tutur Ukat.

banner 720x90

Diharapkannya, dengan penanaman mangrove tersebut, ketiga pantai menjadi kuat menahan gempuran ombak. Ke depannya, pantai-pantai tersebut bisa dijadikan tempat berkembang biak berbagai biota laut yang menunjang kelestarian dan keselamatan lingkungan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.