Longsor Akibat Hujan, 4 Unit Rumah di Desa Kalijaga Tengah Hancur

oleh -
Salah satu rumah yang menjadi korban longsor di Desa Kalijaga Tengah, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur.

Wartawan Budiman

LOMBOK TIMUR. Sebanyak 4 unit rumah warga Dusun Asmalang Utara, Desa Kalijaga Tengah, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, hancur diterjang longsor, Rabu (6/1/2021).

banner 720x90

Longsor di Desa Kalijaga Tengah itu diduga akibat adanya retakan tanah pasca terjadinya gempa bumi tahun 2019 yang mengguncang Dusun Asmalang Utara. Penyebab lainnya curah hujan dengan intensitas tinggi sehari sebelumnya, Selasa (5/1/2021) sekitar pukul 15.00 WITA.

Akibat curah hujan yang cukup ekstrem juga mengakibatkan Sungai Semba meluap. Kiriman  air dari Sungai Semba yang letaknya di atas tebing menyebabkan tebing dengan ketinggian 10 meter tersebut longsor.

Sekdes Kalijaga Tengah, Suhail mengatakan jumlah rumah yang hancur tertimpa longsoran tebing berjumlah 4 unit rumah. Sedangkan rumah yang berposisi terancam longsoran tanah berjumlah 11 rumah.

Para pemilik rumah yang terkenal longsor terdiri dari Taharrudin (61),  Haerah (48), Saidah (45), dan Salmiah (66). Dalam musibah longsor itu tidak ada korban jiwa.

Setelah longsor, tim penanggulangan bencana tiba di lokasi. Di dalam tim ini terdapat Kapolsek Aikmel AKP I Made Sutama, Sekcam Aikmel Hainuddin bersama dengan 2 staf kecamatan Aikmel, 1 Regu  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten  Lombok Timur yang dipimpin oleh M. Zaini, dan Kanit Sabhara Polsek Aikmel, Kanit Binmas Polsek Aikmel, dan Kanit LK Polsek Aikmel.

banner 720x90

Saat ini, kepolisian sudah memasang police line di TKP. Selain itu, polisi juga terus mengimbau warga untuk.sementara pindah sementara ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi longsor susulan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.