H-1 Jelang 2021, Bupati Sukabumi Berkunjung ke Kawasan Bencana

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) meninjau lokasi TPT jebol akibat curah hujan yang tinggi di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas.

Wartawan Dudi Surahman

Satu hari sebelum tibanya 1 Januari 2021, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami berkunjung ke kawasan bencana di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Di desa tersebut, Marwan meninjau lokasi tembok penahan tanah (TPT) yang jebol oleh aliran air sungai dengan debit air tinggi akibat curah hujan yang tinggi sejak awal pekan ini.

banner 720x90

“Kami akan segera melakukan penanganan komprehensif  untuk memperbaiki infrastruktur sungai yang rusak di Desa Mekarsakti,” kata bupati di tengah kunjungan ke Desa Mekarsakti, Kamis (31/12/2020) sore.

Dirinya, ujar dia, tidak menunda-nunda waktu, ketika menerima laporan dari wilayah langsung meluncur ke lokasi TPT yang jebol. Beserta rombongannya, bupati membawa alat dan personel yang dikerahkan untuk melakukan penanganan awal.

Menjelang tahun baru, kawasan Pajampangan, termasuk wilayah Kecamatan Ciemas diguyur hujan tiada henti sepanjang hari. Curah hujan yang tinggi menimbulkan luapan air sungai dengan debit yang sangat tinggi. Keadaan ini mengakibatkan beberapa TPT pada bantaran Sungai Citamiang di Desa Mekarsakti jebol.

Dua TPT mengalami rusak berat terletak di Kampung Purbasari dengan panjang 20 meter dan tinggi 2,5 meter dan Kampung Cihaur dengan panjang 30 meter dan tinggi 3 meter. Adapun TPT yang rusak ringan berada di Kampung Pasirmalang dan Kampung Cilandak.

Jebolnya TPT di Kampung Purbasari, Desa Mekarsakti mengakibatkan 50 hektare areal pertanian dan 33 rumah warga terendam air bah.  

banner 720x90

“Kalau curah hujan tinggi wilayah ini sering dilanda banjir. Sedimentasi yang cukup tinggi di sungai memicu jebolnya tanggul,” kata bupati.

Untuk memperbaiki TPT secara komprehensif, Pemkab Sukabumi akan meminta bantuan kepada pusat. Pada tahap pertama, kata bupati, jajarannya akan melakukan mapping dan upaya awal melakukan penanganan perbaikan tanggul. 

Bupati juga menghimbau masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran sungai atau tebing untuk meningkatkan kewaspadaan. Saat ini, di tengah musim hujan dan musim angin barat, longsor dan banjir mengancam warga. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.