Pemdes Kalapagenep Prioritaskan Ambulans Desa untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

oleh -
Rombongan touring wilayah pantai selatan Tim Bharindo disambut dengan hangat oleh Kepala Desa Kelapagenep Mustarom.

Wartawan A s e p

TASIKMALAYA. Pemdes Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya akan memprioritaskan pembelian mobil ambulans untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya. Keberadaan kendaraan operasional tersebut sangat dibutuhkan saat ini untuk mobilisasi antar jemput warga yang sakit dan akan menjalani proses persalinan.

banner 720x90

Hal itu terangkum  dalam sesi wawancara antara Kades Kalapagenep Mustarom dan Tim Bharindo yang dipimpin Kaperwil Jawa Barat, Dudi Surahman saat mengadakan acara touring di Wilayah  Pantai Selatan, Kamis (26/8/2021). Dalam touringnya, Dudi dan rombongan berkunjung ke Desa Kalapagenep.

Kecepatan dan perlindungan terhadap keselamatan warga, kata Mustarom, menjadi pertimbangan utama. Karena menggunakan sarana transportasi umum sebagai alternatif lain membutuhkan rentang  waktu yang cukup panjang selama dalam perjalanan. Tapi dengan menggunakan ambulans, waktu tempuh perjalanan bisa lebih efektif dan  efisien.

“Armada transportasi kesehatan itu sangat kami butuhkan saat ini. Sifatnya sudah sangat mendesak untuk membantu mengevakuasi warga yang sakit atau mau melahirkan. Untuk itu, kami mohon kepada Pemkab Tasikmalaya dan para pengusaha serta para dermawan, sudikiranya  membantu untuk pengadaan kendaraan operasional itu,” tutur kepala desa.

Jika masih sulit diwujudkan juga kata dia, Pemdes Kalapagenep akan mengambil langkah sendiri untuk menutup celah tersebut. Langkah yang cukup realistis yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan menganggarkan pembelian mobil ambulans dari dana desa (DD) Tahun 2022.

“Langkah itu adalah opsi terakhir, jika Pemkab Tasikmalaya  tidak mengabulkan permohonan kami. Saya optimis, melihat kondisi masyarakat dan tingginya kebutuhan terhadap armada kesehatan itu. Karena bagaimana pun, nyawa dan keselamatan warga jauh lebih utama dari apapun juga,” tegasnya. (*)

banner 720x90

No More Posts Available.

No more pages to load.