Polres Lotara Bersama TNI dan Pemda Kompak Lancarkan Operasi Yustisi

oleh -
Tim gabungan menggelar operasi yustisi untuk meningkatkan kesadaran dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19.

Wartawan Budiman

LOMBOK UTARA.  Jajaran Polres Lombok Utara (Lotara) kompak menggelar Operasi Yustisi gabungan bersama perwakilan TNI dan Pemkab Lotara. Operasi ini bertujuan untuk menggencarkan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

banner 720x90

Operasi Yustisi gabungan sukses digelar di sepanjang Jalan Raya Simpang Empat Lendang Bagian, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada Selasa (27/4/2014).

Para petugas yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 36 orang berasal dari Polres Lotara, TNI, BPBD, Bapenda, Dinkes, Dishub, dan Sat Pol PP Kabupaten Lombok Utara.

“Operasi yustisi ini fokus pada masyarakat yang tidak memakai masker saat berada di tempat umum dan keramaian. Tim gabungan menyisir para pejalan kaki, pemotor, dan pengendara roda empat yang tidak mematuhi prokes,” kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Lotara, Kompol I Ketut Mas Mertayasa, S.H. kepada wartawan ditemui di tengah operasi yustisi.

Penegakan disiplin tersebut, lanjut Kabag Ops, merupakan ketaatan hukum yang merujuk pada Perda No. 7 Tahun 2020 dan Perbup Lombok Utara No. 15 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Masyarakat Terhadap Kepatuhan Prokes guna Mencegah Penyebaran Covid-19.

Menurutnya, aktivitas masyarakat di bulan suci Ramadhan 1442 H sangat tinggi sehingga jika tidak diterapkan disiplin prokes dikhawatirkan dapat memperparah situasi pandemi.

banner 720x90

“Kami mengharapkan masyarakat melakukan aktivitas dengan tetap menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” kata dia.

Operasi Yustisi berhasil menjaring sebanyak 6 orang yang kedapatan melanggar prokes. Dari 6 orang itu sebanyak 4 orang diberi teguran dan 2 orang diberi sanksi administrasi. 

Dengan mentaati prokes, kata Kabag Ops, masyarakat telah mendukung program Kampung Sehat Jilid II yang diinisiasi oleh Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H.

“Kami mengharapkan masyarakat turut menjadi pelopor dalam melaksanakan pola hidup sehat agar penyebaran wabah Covid-19 bisa segera berakhir,” ungkapnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.