TMMD ke-110, Pemkab Sukabumi-Kodim 0607 Bersinergi Membangun Daerah

oleh -
Komandan Korem 061/Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi bersama Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika meninjau lokasi pembangunan TMMD ke-110/Kodim 0607 Kota Sukabumi.

Wartawan Dudi Surahman

SUKABUMI.  Melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-110, Pemkab Sukabumi bersama KODIM 0607 Kota Sukabumi bersinergi membangun sarana umum di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

banner 720x90

Kegiatan TMMD ke-110/Kodim 0607 Kota Sukabuni yang mengusung tema “Wujud Sinergi Membangun Negara” merupakan upaya untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah berupa fisik infrastruktur maupun nonfisik. Rencananya, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 30 hari ke depan.

TMMD ke-110 di Kabupaten Sukabumi diawali dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan dan pemberian alat sarana kerja dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami kepada Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo, Selasa (2/3/2021).  

“Kegiatan TMMD ini merupakan aksi nyata TNI sebagai upaya mewujudkan percepatan pembangunan di daerah,” kata bupati setelah penandatanganan naskah serah terima pekerjaan di lokasi TMMD ke-110/Kodim 0607 Kota Sukabumi. 

Pada kegiatan TMMD, uajr Marwan, masyarakat bisa lebih dekat dengan TNI, bekerja sama, dan bergotong-royong untuk membangun desa. Kami mengapresiasi TNI yang mempunyai program TMMD,” ucapnya.

Akselerasi pembangunan di daerah, lanjut Marwan, baik fisik maupun nonfisik tidak serta merta tercapai dengan maksimal jika hanya mangandalkan kemampuan pemerintah. Peran serta dari berbagai kalangan seperti sinergitas bersama TNI dan gotong-royong masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan.

banner 720x90

“Sinergitas Pemda Kabupaten Sukabumi dengan Kodim 0607 sukses membuka jalur Sukabumi Utara (Sutra) melalui program Karya Bhakti TNI,” tutur bupati.

Di tempat yang sama, Komandan Korem 061/Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi berpesan kepada Tim Pelaksana TMMD Ke-110/Kodim 0607 Kota Sukabumi, pada pasa pelaksanaannya, tim harus mengikutsertakan peran aktif masayarakat.

Dengan harapan, kata dia, pelaksanaannya bisa berjalan tepat sasaran dan tepat waktu.

“Melalui kerja sama yang baik dengan masyarakat, pelaksanaan TMMD ini diharapkan maksimal walaupun dengan anggaran minim,” tutur Danrem 061/Suryakencana.

Sementara itu, Dandim 0607 Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo memaparkan, kegiatan TMMD Ke-110 di Parungkuda bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pembangunan di perdesaan. Keseriusan Pemkab Sukabumi dalam memajukan wilayah yang sangat luas itu, ungkap Danang, menjadi dasar sinergitas pada kegiatan TMMD ke-110/Kodim 0607 Kota Sukabumi.

“Kita sudah siapkan semuanya. Sebanyak 150 personel dilibatkan dalam kegiatan TMMD ini. Kita bangun sikap gotong-royong bersama masyarakat untuk mewujudkan infrastruktur dan suprastruktur guna memperlancar akses perekonomian masyarakat,” ungkap Dandim.

Kegiatan-kiatan pembangunan pada kegiatan TMMD Ke-110/Kodum 0607 Kota Sukabumi, lanjut Dandim, antara lain: insfrastruktur meliputi pembangunan jembatan dengan panjang 12,7 meter dan lebar 4,5 meter; pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dengan panjang 50 meter dan lebar 4 meter; dan pengupasan jalan dengan panjang 50 meter dan lebar 4 meter. Selain itu, pembangunan rumah tidak laik huni (RTLH) sebanyak 20 unit.

Sementara untuk pembangunan kegiatan nonfisik, sambung Letkol Danang, meliputi penyuluhan kesehatan, pertanian, peternakan, wawasan kebangsaan bela negara, Kamtibmas, keagamaan, bahaya Covid-19, dan kegiatan penunjang kamtibmas.

“Masih di lokasi TMMD, kami juga melaksanakan penyuntikan Vaksin Covid-19 bagi warga Kampung Kebonpanjang,” jelas Dandim. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.