Gubernur Dorong Kalangan Milenial untuk Menggali Gali Potensi Ekonomi Baru

oleh -
oleh
Gubernur Jabar HM. Ridwan Kamil ketika menjadi keynote speaker pada seminar "Peluang Bisnis, Modal Tipis: Sukses Berbisnis Sejak Muda" dari Gedung Sate Bandung.
banner 720x90

Wartawan Dudi Surahman

BANDUNG.  Gubernur Jawa Barat (Jabar) HM. Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mendorong generasi muda khususnya kaum milenial untuk menggali potensi ekonomi baru pascapandemi Covid-19.

banner 720x90

Kalangan generasi muda, kata giubernur, dapat menggali potensi-potensi ekonomi baru pascapandemi Covid-19.

Setidaknya ada tujuh potensi ekonomi yang dapat digali yaitu (1) meraup peluang investasi perusahaan yang pindah dari Tiongkok; (2) swasembada pangan; (3) swasembada teknologi; (4) mendorong peluang bisnis di sektor kesehatan; (5) inovasi digital; (6) green business/penerapan ekonomi berkelanjutan; dan (7) pariwisata lokal. 

“Hasil kajian, ada tujuh ekonomi baru Jabar yang mewakili ekonomi masa depan,” ucap Kang Emil saat menjadi keynote speaker seminar CNBC Indonesia dan Mitras DUDI Kemendikbud RI bertema “Peluang Bisnis, Modal Tipis: Sukses Berbisnis Sejak Muda” via konferensi video dari Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (19/2/2021).

“Untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang menyehatkan, misalnya jahe merah, generasi muda dapat memanfaatnya sebagai peluang bisnis,” ujar Kang Emil. 

Selain itu, terkait inovasi digital, Kang Emil mengatakan bahwa akibat pandemi, melek digital menjadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki masyarakat.

banner 720x90

“Pascapandemi lahir budaya adaptasi baru. Orang menjadikan digital sebagai skill wajib, keharusan, bukan lagi pilihan dan Jabar provinsi digital yang paling lengkap dimensinya,” ujar dia. 

Melalui seminar tersebut, Kang Emil pun mengajak seluruh masyarakat terutama generasi muda untuk meraup peluang ekonomi baru pascapandemi, termasuk  menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Adik-adik harus semangat karena masih muda. Kalau kita kompak, Indonesia di 2045 akan menjadi negara superpower dengan tiga syarat yakni ekonomi terjaga, demokrasi damai, dan SDM kompetitif,” kata Kang Emil.

“Fokus kepada tujuh peluang ekonomi baru yang saya sampaikan. Mari adaptasi dengan semangat man jadda wa jadda. Insya Allah kesuksesan bisa hadir kepada kita di Jabar dan Indonesia,” tuturnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.