Jabar Perkuat Tenaga Vaksinator untuk Vaksinasi Tahap Dua

oleh -
oleh
Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Marion Siagian.
banner 720x90

Wartawan Dudi Surahman

BANDUNG.  Pemerintah Provinsi Jawa Barat intens menyiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II dengan sasaran pelayan publik dan lansia.

banner 720x90

Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat Marion Siagian menyatakan, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan dengan menyiapkan 11 ribu tenaga vaksinator.

“Jumlah tersebut akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan saat vaksinasi berlangsung,” kata Marion kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut Marion, selain penguatan SDM, data sasaran vaksinasi tahap II terus disiapkan, dimana pendataan sasaran melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota, termasuk perangkat daerah, instansi dan lembaga untuk mendaftarkan anggotanya.

“Hingga saat ini, kami belum mendapatkan angka yang pasti dari pemerintah pusat terkait alokasi vaksin Covid-19 per kabupaten/kota,” ucapnya.

Marion menuturkan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota sedang menyiapkan tempat penyimpanan vaksinasi untuk distribusi tahap II.

banner 720x90

“Metode pelayanan vaksinasi juga sedang disiapkan, baik di fasyankes, instansi masing-masing yang memiliki fasyankes atau pos kesehatan, vaksinasi massal, ataupun mobile vaksinasi,” ujarnya.

Marion menyatakan, jumlah sasaran vaksinasi tahap II di Jawa Barat mencapai 6.558.526 orang sudah termasuk kelompok lansia.

“Vaksinasi tahap II akan dilakukan serentak di 27 kabupaten/kota. Untuk kelompok lansia, ada tahapan skrining dengan memeriksa dan menanyakan riwayat kesehatan lansia. Lansia yang divaksin adalah lansia yang sehat ataupun lansia yang terkontrol komorbidnya,” tambahnya.

Selain menyiapkan pelaksanaan vaksinasi tahap dua, ujar dia, Pemprov Jawa Barat mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi bagi SDM Kesehatan.

“Kami mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk menggelar vaksinasi massal, tujuannya agar vaksinasi dengan sasaran SDM Kesehatan selesai tepat waktu,” tuturnya.

Jumlah total sasaran tenaga kesehatan dan tenaga penunjangnya di 27 kabupaten/ kota di Jabar sebanyak 181.701 sasaran. Per tanggal 17 Februari 2021, cakupan di 27 kabupaten/kota jumlah sasaran nakes dan tenaga penunjangnya yang sudah divaksinasi dosis satu sebanyak 157.914 sasaran (86,91 persen) dan dosis dua sebanyak 64.285 orang (35,38 persen). (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.