Antisipasi Wabah Covid-19, Perpustakaan Anjurkan Pakai Aplikasi Candil

oleh -
Kepala Bidang Perpustakaan pada Dispusip Kota Sukabumi, Dudi Wahyudi menunjukkan leaflet aplikasi perpustakaan digital Candil.

Wartawan Dudi Surahman

SUKABUMI. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi menganjurkan masyarakat untuk menggunakan aplikasi Candil (Maca Dina Digital Library) agar dapat membaca buku tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Di tengah wabah Covid-19, aplikasi ini sangat bemanfaat guna mengurangi kunjungan warga ke perpustakaan. 

banner 720x90

“Candil merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kami ikut mensosialisasikan aplikasi ini karena menyediakan banyak bahan bacaan bagi masyarakat,” kata Kepala Bidang Perpustakaan pada Dispusip Kota Sukabumi, Dudi Wahyudi kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Aplikasi perpustakaan digital Candil, ujar Dudi, menyediakan ribuan koleksi buku digital yang dapat diunduh oleh masyarakat. Semua buku yang disediakan oleh Candil merupakan bahan bacaan yang diminati oleh penggemar buku.

“Penggunaan aplikasi ini sementara bisa mengganti layanan membaca langsung di perpustakaan. Selama wabah Covid-19, kunjungan perpustakaan ditutup,” kata dia.

Agar dapat menjalankan aplikasi Candil, penggemar buku harus mengunduhnya di Google Plasystore atau memindai kode QR yang telah disebarkan di beberapa area publik di seluruh pelosok Kota Sukabumi. Setelah aplikasi terpasang, penggemar buku dapat berselancar untuk mencari buku yang diinginkannya.  

“Kehadiran aplikasi Candil ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat karena penggunaannya relatif mudah,” jelas Dudi.

banner 720x90

Di samping itu, jajaran Bidang Perpustakaan juga gencar mensosialisasikan aplikasi perpustakaan buatan Dispusip Kota Sukabumi yakni ePusda Kota Sukabumi. Aplikasi ini pun bisa diunduh melalui Google Playstore. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.