Mengawali Usahanya dari Nol, Kini Pemasarannya Sampai ke Luar Jawa

oleh -
Pemilik kolam ikan patin dan ikan lele, Kang Anjal (kedua dari belakang) menekuni usahanya dari nol hingga berkembang pesat dan menjadi leader dalam bisnis peternakan ikan.

Wartawan Reynaldy Irawan

SUKABUMI. Bagi penggemar dan penikmat ikan air tawar, nama Kang Anjal sudah sangat dikenal. Peternak ikan lele dan ikan patin ini amat populer di kawasan Gunungguruh. Kang Anjal memiliki pelanggan yang tersebar di seantero Jawa Barat, luar Jabar, bahkan luar provinsi.

banner 720x90

Di peternakan ikannya di Kampung Jatimekar RT 05 RW 03 Desa Sirnaremi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jabar, Kang Anjal selalu kebanjiran pembeli ikan. Para pelanggan, kalau tidak membeli ikan patin, ya pasti memborong  ikan lele. Dari waktu ke waktu omset usahanya terus meningkat.

“Saya memulai usaha ini dari nol, modal pas-pasan. Tapi saya menjalaninya dengan serius dan sungguh-sungguh,” kata Kang Anjal ketika ditemui di peternakan ikannya, Minggu (17/1/2021).

Awalnya dia memiliki 10 kolan mini untuk menampung dua jenis ikan yang dibudidayakannya. Itu tahun 2016. Setelah 4 tahun berjalan, pada akhir 2020, Kang Anjal sudah memiliki 26 kolam.  

“Kunci usaha itu tekun dan serius. Semua usaha pasti ada jalannya untuk sukses dan berhasil, dua kunci itulah yang harus dijalankan,” tuturnya. 

Para pembeli yang meminati ikan dari kolam Kang Anjal berasal dari berbagai daerah dan pulau. Dia kerap menerima pesanan ikan dari daerah-daerah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandar Lampung, Kalimantan, Jambi, dan daerah lainnya

banner 720x90

“Saya terus mengembangkan pasar dengan pendekatan yang disesuaikan dengan permintaan masyarakat. Saya memulai usaha setelah mempelajari dan mengetahui keinginan pasar. Jangan memulai usaha yang belum kita mengerti pasarnya,” ujar Kang Anjal. 

Seringkali kolam milik Kang Anjal dijadikan tempat belajar oleh para mahasiswa perikanan dan peternakan. Para mahasiswa bertanya dan mempelajari teknik beternak ikan yang dikembangkan oleh Kang Anjal. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.