Warudoyong Manfaatkan Program KOTAKU untuk Tingkatkan Sanitasi Warga

oleh -
Sekretaris Kelurahan Warudoyong, Supardi di salah satu titik kegiatan dari program KOTAKU tahun 2020.

Wartawan Dudi Surahman

Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi memanfaatkan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) tahun 2020 untuk meningkatkan prasarana dan kualitas sanitasi lingkungan. Melalui program tersebut, masyarakat Kelurahan Warudoyong melaksanakan pembuatan sarana air bersih (SAB), pembangunan septic tank komunal, dan peningkatan jalan lingkungan.

banner 720x90

“Pada tahun lalu, kami memanfaatkan program KOTAKU untuk mendukung warga dalam perbaikan kualitas sanitasi lingkungan di beberapa RW,” kata Sekretaris Kelurahan Warudoyong, Supardi kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari pembangunan SAB di 5 titik, septic tank komunal di 3 titik, dan peningkatan jalan lingkungan di satu titik.

“Layanan air bersih merupakan salah satu fokus program ini seperti yang dilakukan di wilayah kami dengan membangun Sarana Air Bersih dalam pelaksanaan program KOTAKU tahun 2020,” ujar Supardi.

Pelaksanaan pembangunan program tersebut dilakukan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Warudoyong di 3 RW yaitu RW 01, 04, dan RW 05. Supardi mengharapkan hasil pembangunan dari program KOTAKU dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat.

Program KOTAKU merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dalam percepatan penanganan permukiman kumuh.

banner 720x90

Melalui program ini pemerintah mencanangkan target “Gerakan 100-0-100” yaitu 100 persen akses universal air minum, nol persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi yang layak. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.