Desa Sindanghayu Sukes Salurkan BLT DD Sampai Tahap III

oleh -
Kepala Desa Sindanghayu, Solihin.

Wartawan Hamdan

Pemerintah Desa (Pemdes) Sindanghayu, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) sampai tiga tahap. Penyaluran BLT DD tersebut sesuai dengan ketentuan dari pemerintah dan pelaksanaannya memenuhi aturan protokol kesehatan.

banner 720x90

“Kami memberikan BLT dari Dana Desa kepada warga yang berhak menerimanya yakni mereka yang terdampak wabah Covid-19,” kata Kepala Desa Sindanghayu, Solihin kepada jurnalis, Kamis (31/12/2020).

Pembagian BLT DD oleh Bank BJB yang dihadiri oleh kepala desa  dan  penerima. Pembagian tersebut disaksikan oleh ketua RT.  

Ada penerima BLT yang secara sukarela meberikan sebagian dana yang diterimanya  kepada orang yang tidak menerima.

Pembagian tahap I dilakukan pada 5 Mei 2020, tahap II pada 5 Agustus 2020, dan yang terbaru tahap III pada 17 Desember 2020.

“Kami telah menginstruksikan jajaran di bawah untuk membagikan BLT Dana Desa sesuai aturan dari pemerintah. Tidak boleh memberikan BLT kepada warga yang tidak tercantum di dalam daftar penerima bantuan,” jelas Solihin.

banner 720x90

Sempat muncul usulan dari sebagian tokoh masyarakat agar BLT DD dibagikan kepada para jompo. Usulan tersebut dapat dilaksanakan sebagian karena faktanya ada penerima bantuan dari kalangan orang jompo. Namun ada juga orang jompo yang tidak tercantum pada daftar KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tidak kebagian.

“Aturan  yang menyatakan BLT harus dibagikan kepada para jompo itu pelaksanaannya tergantung keikhlasan para penerima yang tercantum pada daftar. Kalau ikhlas, bagus juga sebagian BLT diberikan kepada orang jompo,” tutur kades.

Alhamdulilah, kata dia, pembagian BLT DD sangat lancar dari tahap pertama sampai tahap ketiga. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.