Nguri-uri Kebudayaan Lokal Desa Suwidak bersama Ferry Wawan Cahyono dan KNPI

oleh -

Wartawan Tim Barindo

Regional Jateng, Bharindojabar.com – “Pagelaran Kesenian Kuda kepang Satrio Muda dengan mengambil tema dalam acara media Tradisional (Metra) di desa kami” merupakan judul kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa (7/2/2023) pukul 21:00 wib di Desa Suwidak Kecamatan wanayasa Banjarnegara.

banner 720x90

Pada kesempatan tersebut hadir Ferry Wawan Cahyono. S.Pi, M.Si Berserta rombongannya. Ferry merupakan Wakil ketua DPRD Provinsi Jateng.

Kedatangan rombongan bersama
Ketua KNPI Banjarnegara.Gijen. SH, Kades dawuhan dan Kepala desa suwidak dan para jajarannya.

Dalam Sambutannya Kepala desa suwidak Rip Santosa mengatakan, pemdes mengadakan acara kesenian kuda kepang Satrio muda untuk semua kalangan usia baik dewasa, remaja, atau anak-anak. Sebagai hiburan

Sebelumnya pada bulan kemarin belum lama ini kita mengadakan pengajian, wayang kulit dan shalawattan dan sekarang kuda kepang, Kegiatan ini sebagai usaha nguri-uri budaya asli jawa agar mereka mampu mengenal kebudayaan warisan nenek moyang Bangsa Indonesia.

“Tidak lupa kami banyak
Berterimakasih kasih kepada Bapak feryy dan Rombongan yang jauh-jauh dari semarang untuk ber silaturahmi di desa kami,” ungkapnya.

banner 720x90

Sementara itu Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banjarnegara Gijin, SH mengajak kaum muda untuk ikut melek melestarikan kearifan lokal berlatih dan mengenalkan kesenian tradisional khususnya kesenian di desanya. Membatu program memajukan pembangunan di desanya.

Masih di tempat yang sama, Menurut Ferry Wawan Cahyono S.Pi, M.Si, Wakil ketua DPRD Provinsi Jateng Tujuan kegiatan acara kesenian kuda kepang ini, dan Silaturrahmi di desa suwidak untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang kebudayaan lokal sebagai nguri~nguri kebudayaan jawa (budaya asli Jawa), serta melestarikan kebudayaan Jawa yang sudah mulai terpinggirkan oleh kebudayaan modernisasi.
Ia juga mendorong setiap kesenian yang ada di setiap desa supaya untuk kenalkan di masyarakat. Secara umum, acara tersebut belajar dengan lancar dan tertib.

(Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.