LSM Dampal Jurig Jabar Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tanam Ribuan Pohon dan Tebar Bibit Ikan

oleh -
oleh
banner 720x90

Wartawan Tim Bharindo

SUKABUMI, Bharindojabar.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung Jawa Barat (Lsm Dampal Jurig Jabar) peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertema “Only One Earth, Satu Bumi Untuk Masa Depan, Sustainably in Harmony With Nature”, Minggu (05/06/2022).

banner 720x90

Dengan dukungan penuh dari Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami dan bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementrian Lingkungan Hidup Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL – KLHK) Republik Indonesia, LSM Dampal Jurig Jabar memperingatinya dengan momen tersebut dengan giat bakti sosial penyelamatan lingkungan hidup.

Dalam kegiatan yang juga didampingi Forum Komunikasi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPLH) dan Perhutani Kabupaten Sukabumi, LSM Dampal Jurig Jabar bagikan 30 Ribu Bibit pohon untuk bersama ditanam dan Tebar ribuan Bibit Ikan.

Jenis pohon yang ditanam antara lain berbagai jenis pohon buah-buahan Jambu Kristal, Nangka, Mangga, Durian, Alpukat, Petai dan pohon kayu seperti Sengon, Albasia, Eucaliptus, Jati dan lainnya.

Giat Bakti Lingkungan berupa penanaman pohon tersebut dilaksanakan di kaki Gunung Gede Pangrango Halimun, Gunung Salak, Kawasan Geopark Ciletuh, Bukit Mataram, Leuweung Hideung, Surade, Bukit Simpenan, Pasir piring Palabuhanratu dan beberapa wilayah lain.

Selain penanaman, juga dilakukan Pembagian 30 ribu bibit pohon gratis untuk warga Kabupaten dan Kota Sukabumi.

banner 720x90

Terpantau, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga ditebarkan ribuan benih ikan Nila, Sidat, Tawes dan Lele di beberapa alur sungai sepeeti Situ Cipiit Embung dan irigasi di berbagai wilayah Sukabumi.

Ketua Umum LSM Dampal Jurig Jabar, Irvan Azis mengungkapkan rasa syukurnya atas konsistensi lembaga yang dipimpinnya dalam konservasi dan penyelamatan lingkungan hidup.

“Alhamdulillah sampai sekarang kami konsisten dan tetap berkomitmen dalam perjuangannya untuk Penyelamatan Lingkungan Hidup Dan Konservasi serta pelestarian alam. Hal itu sesuai visi misi Lsm Dampal Jurig Jabar. Selama ini meski secara kecil dan bertahap dalam pelaksanaannya, tujuannya hanya satu demi menjaga kelestarian alam agar Sukabumi hijau lestari khususnya dan umumnya Jawa Barat,’ ujar Irvan.

Irvan juga menyampaikan, program lembaga yang si pimpinnya sesuai program Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Jabar Hijau Juara Lahir Bathin.

“Kegiatan yang kami laksanakan tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh berbagai pihak. Alhamdulillah kami didukung oleh Bapak Bupati Sukabumi dan jajarannya, selain itu kami selama ini bersinergi dengan berbagai Kelompom dan komunitas seperti karang taruna, para santri pondok pesantren, Okp, Ormas, kelompok tani mahasiswa, Pramuka, pelajar dan masyarakat umum lainnya,” tandas Irvan.

Ditempat terpisah, Bupati Sukabumi Drs H Marwan Hamami dengan didampingi oleh Teh Wina Zulpiana, salah satu artis fenomenal berharap, melalui Kegiatan tersebut akan lebih menumbuhkan kembangkan rasa kepedulian terhadap alam dan lingkungan hidup, mengingat begitu banyaknya manfaat dari berbagai kegiatan.

Bupati Sukabumi juga mengajak seluruh masyarakatnya untuk melakukan hal yang sama mulai dari diri pribadi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Hal itu demi langkah awal mengantisipasi bahaya bencana alam dan pemanasan global seperti yang dikampanyekan oleh Bapak Presiden Repunlik Indonesia Ir H Joko Widodo.

Dari pantauan awak media, nampak Ketua LSM Dampal Jurig Jabar juga melakukan pembuatan Kaos dan pemasangan baliho spanduk tema lingkungan hidup dan sosialisasi gerakan Selingkuh “Selamatkan Lingkungan Hidup” untuk memotivasi berbagai pihak.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan yang serempak dilaksanakan dibeberapa wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi tersebut komunitas Jampang Tandang Makalangan, Mapala Universitas Nusa putra, Syamsul Ulum, Pramuka Peduli santri, kelompok tani, Perguruan silat danurwenda, karangtaruna Lmdh dan stake holder lainnya.

(Uci/Saripudin)

No More Posts Available.

No more pages to load.