Allah Maha Penyembuh dan Pembuka Jalan Kemudahan

oleh -
Pelindung dan Editor Senior Media Bharindo, Kombes Pol (P) H. John Hendri, S.H., M.H.

Wartawan Dudi Surahman

JAKARTA. Syariat agama mengajarkan, agar umat Islam selalu memohon pertolongan dan perlindungan hanya kepada Sang Khalik. Salah satunya memohon kesembuhan dari segala jenis penyakit.

banner 720x90

Terkait dengan itu Allah SWT menurunkan sebuah ayat yang menjelaskan bahwa, “Dia-lah yang memberikan pelajaran (hikmah) dalam setiap peristiwa yang terjadi yang menimpa manusia. Termasuk mengimani takdir baik dan buruk terhadap umatnya.”

Demikian disampaikan Pelindung dan Editor Senior Media Bharindo, Kombes Pol (P) H. John Hendri, S.H., M.H. melalui saluran apilkasi WhatsApp, Jumat (6/8/2021).

John pun mengutip Firman Allah SWT  sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى ٱلصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Yaā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau’iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn

banner 720x90

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Quran Surat Yunus Ayat 57.

Di samping Kalam Ilahi, nabi juga telah mencontohkan kepada para sahabatnya untuk selalu melantunkan shalawat Syifa untuk membentengi diri dari pengaruh jahat penyakit baik ringan maupun berat. Shlawat dimaksud berbunyi:

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahumma sholli ‘ ala sayyidina Muhammadin thibbil quluubi wadawaaihaa wa’afiyatil abdaani wasyifaaihaa wanuuril abshaari wadiyaaihaa wa’alaa aalihii wasahbihii wabaarik wasallim

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan atas baginda kami Nabi Muhammad yang merupakan obat dan penyembuhan hati kami, penyehat dan penyelamat badan, yang merupakan cahaya dan sinar penglihatan dan yang merupakan penjamin kesehatan jasmani dan rohani akan kebutuhan makanan dan juga tumpahkan kesejahteraan itu atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dan berilah keselamatan”. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.