Ketua RT 02 di Katulampa Bogor Piawai Manfaatkan Potensi Alam Aliran Sungai Ciliwung

oleh -
oleh
Lokasi budi daya ternak yang memanfaatkan aliran air dari Sungai Ciliwung di wilayah RT 02 RW 09 Kelurahan Katulampa, Kota Bogor.
banner 720x90

BOGOR. Kepiawaian Ketua RT 02 RW 09 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor dalam mengelola lahan di sekitar wilayahnya menjadi lahan usaha potensial patut diacungi jempol.

Ketua RT yang bernama Reja itu telah berhasil memanfaatkan lahan untuk budi daya ikan, ayam, dan soang. Selain itu, dia juga telah menanam bermacam-macam pohon di sekitar aliran Sungai Ciliwung yang terdapat di kawasan Katulampa. Pohon yang ditanam antara lain durian, nangka, petai, sonokeling, dan cengkeh.

banner 720x90

Dari budi daya ternak dan pohon itu, Reja selalu memberikan hasilnya secara langsung kepada warga dan sebagian lagi dijual untuk pengembangan usaha. Dia juga menyisihkan hasil budi daya pertanian tersebut untuk menunjang kesejahteraan warga. 

“Berkat dukungan warga Katulampa, pemanfaatan lahan yang kami kembangkan bisa berjalan dengan lancar. Usaha ini kami jalankan untuk kesejahteraan warga di RT kami. Intinya, kami bisa tetap menjaga kelestarian aliran air Sungai Ciliwung dan mengambil manfaat lain dengan upaya budi daya ternak,” ujar Reja, Rabu (2/6/2021).

Selain kegiatan budi daya dan menanam pohon, lanjut dia, dia bersama warga Katulampu juga menggalakkan kegiatan olahraga badminton dan voli bola untuk mengisi waktu senggang dan menjaga kebugaran tubuh.

Atas bakti dan kepiawaiannya dalam memanfaatkan lahan, Raja sering mendapat pujian dan apresiasi dari warga dan pengurus RT lain. Dia dikenal sebagai ketua RT yang peduli terhadap keselamatan dan kelestarian Sungai Ciliwung. (*)

banner 720x90

No More Posts Available.

No more pages to load.