Kapolsek Empang Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

oleh -
Kapolsek Empang Sarjan (kiri) ketika memantau dan turut mengamankan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Desa Pemanto.

Wartawan Budiman

SUMBAWA BESAR. Kapolsek Empang, Polres Sumbawa AKP Sarjan melaksanakan monitoring dan pendampingan kegiatan vaksinasi bagi lansia di wilayah Kecamatan Empang.

banner 720x90

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Kantor Desa Pemanto, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/4/2021). 

Dalam penjelasannya, Kapolsek Empang mengatakan bahwa pengamanan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 bagi lansia itu bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penerima vaksin agar mereka tidak takut dalam menerima suntikan  vaksin. 

“Hal ini dilaksanakan juga dalam rangka mengantisipasi adanya penolakan sehingga pelaksanaan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 dapat berjalan aman dan kondusif,” ujar AKP Sarjan. 

Pada vaksinasi itu semua peserta menempuh prosedur dan mekanisme yang ditetapkan pemerintah. Mereka melakukan pendaftaran dan menjalani skrining kesehatan. Hanya lansia yang lolos skrining kesehatan yang dapat menerima suntikan Vaksin Covid-19. 

Setelah diberi suntikan, mereka mengikuti observasi selama 30 menit untuk memantau kemungkinan munculnya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Apabila tidak ditemukan keluhan atau gejala yang mengkhawatirkan, mereka dipersilakan meninggalkan tempat vaksinasi.  

banner 720x90

Keseluruhan lansia yang terdaftar 171 orang. Sebanyak 50 orang telah menerima suntikan vaksin. 

“Pemantauan dan pengamanan vaksinasi ini merupakan bagian dari program Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru atau NTB. Selama ini  program tersebut cukup efektif dalam memulihkan kondisi masyarakat di tengah wabah Covid-19,” kata AKP Sarjan.

Melalui program Kampung Sehat NTB, ujar dia, masyarakat dapat membangkitkan semangat untuk memperbaiki pola hidup berdasarkan kesadaran mereka terhadap protokol kesehatan.

“Program ini mendorong masyarakat ingin hidup normal. Karena itu mereka tidak takut dan ingin cepat divaksin,” kata Kapolsek Empang. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.