Peringatan Hari Bumi, LSM Dampal Jurig Pelopori Penanaman 10.000 Pohon

oleh -
oleh
Aksi penanaman 10 ribu pohon dalam rangka peringatan Hari Bumi dimulai dari Taman Kahati PT AGM Babakanpari Danone Group.
banner 720x90

Wartawan Heri Setiawan

SUKABUMI.  Lembaga Swadaya Masyarakat  Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba dan Gunung (LSM Dampal Jurig) Jawa Barat dan Forum Komunikasi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPH) menggelar kegiatan penanaman 10.000 pohon untuk menghijaukan Bumi.

banner 720x90

Pada aksi penyelamatan lingkungan itu, LSM Dampal Jurig Jawa Barat  bekerja sama dengan Samahi Centre, DLH Kabupaten Sukabumi, dan PT AGM Babakanpari Danone Aqua Grup.

Kerja sama antara unsur LSM, pemerintah, dan perusahaan dapat memperlancar aksi penanaman 10 ribu pohon tersebut. Tujuan kegiatan untuk menyelamatkan  dan meletarikan alam. Kegiatan itu bertepatan dengan peringatan Hari Bumi se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 22 April yang jatuh pada hari ini.

“Kami dari Komunitas Pencinta Alam dan Peduli Lingkungan Hidup bekerja sama dengan PT AGM Babakanpari Danone Aqua Group akan menanam 10 ribu pohon di beberapa tempat,” kata Ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (22/4/2021)

Baksos penanaman 10.000 pohon itu, lanjut dia, dilakukan di beberapa titik lokasi. Wilayah yang menjadi sasaran tujuan program penghijauan  itu antara lain kawasan di kaki Gunung Halimun Salak, Gunung Gede Pangrango,  dan Pajampangan. Penanamannya dilakukan secara bertahap.

Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain Pohon Jati. Damar, Rasamala, Pinus dan Gaharu. Jenis pohon lain yang juga ditanam adalah Katapang, Trembesi, Mahoni, Jabon, Gamelina,  dan Aren.

banner 720x90

“Lokasi penanaman  adalah bagian kanan kiri sungai, tanah rawan longsor, pekarangan rumah, dan halaman sekolah. Acara seremonial hari ini adalah penanaman simbolis di lokasi Taman Kahati PT AGM Babakanpari Danone Group,” jelas Irvan.

Aksi penanaman pohon tersebut, ujar dia, sebagai bentuk  kepedulian komunitas peduli alam terhadap alam dan lingkungan untuk penyelamatan bumi. 

“Kegiatan ini satu tarikan napas dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi  Marwan Hamami dan Iyos Somantri untuk terus melanjutkan kebaikan melalui pemanfaatan  sumber daya alam,” ujar dia. (*)  

No More Posts Available.

No more pages to load.