Pejabat Eselon II-B Harus Lulus Uji Kompetensi Manajerial, Teknis, dan Sosio Kultur

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan arahan kepada para peserta uji kompetensi para pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Sukabumi.

Wartawan Babas

SUKABUMI.  Sebanyak 25 pejabat dengan golongan jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II-b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan Salabintana, Rabu (7/4/2021).

banner 720x90

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami. Pada uji tersebut, para pejabat mengikuti serangkaian uji kompetensi dasar kepemimpinan yang meliputi kemampuan manajerial, kehandalan dalam bidang teknis, dan pemahaman sosio kultur.

Pada kesempatan itu, bupati mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi merupakan salah satu dasar penguatan sumber daya manusia   (SDM) seperti yang tertuang di dalam visi misi Kabupaten Sukabumi.

“Penguatan SDM ini penting baik di lingkup pemda maupun di masyarakat. Langkah ini menjadi fokus utama untuk menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik,” ujarnya.

Uji kompetensi sendiri, kata Marwan, digunakan untuk mengukur standar kompetensi para pemegang jabatan pimpinan tinggi pratama. Mereka harus memiliki tiga kompetensi dasar yaitu kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultur. 

Bupati meminta para peserta uji kompetensi untuk  mengeluarkan seluruh   kemampuan yang mereka miliki agar mendapatkan hasil uji kompetensi yang terbaik. Dia mengingatkan, hasil uji kompetensi tersebut akan dijadikan dasar dalam penempatan posisi para pejabat pimpinan tinggi pratama.

banner 720x90

“Saya berharap semua peserta  mengeluarkan daya kemampuan secara optimal  berdasarkan potensi keilmuan dalam uji kompentensi ini,” harapnya.

Pj. Sekda Kabupaten Sukabumi H. Barnas Adjidin menambahkan, melalui uji kompetensi tersebut, para pejabat yang menjadi pesertanya dapat meraih hasil yang maksimal untuk memberikan warna bagi Kabupaten Sukabumi,” ujar Barnas. (*)