Polres Lotim Kerahkan Personel untuk Pengamanan Peringatan Paskah

oleh -
Tim gabungan TNI Polri melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di Gereja Bait Allah yang berada di lingkungan Asrama Polres Lotim dalam rangka peringatan Paskah tahun 2021.
Jajaran Polres Lotim berjaga-jaga di sekitar pintu masuk gereja untuk menjamin keamanan dan ketenangan umat Kristen yang sedang melaksanakan peribadatan Paskah.

Wartawan Budiman

LOMBOK TIMUR.  Ratusan personel dari Polres Lombok Timur (Lotim), Polda NTB mengamankan perayaan Paskah di Gereja Bait Allah yang berada di lingkungan Asrama Polres Lotim. Kegiatan pengamanan hari besar keagamaan bagi pemeluk agama Kristen Katholik itu dipimpin oleh Waka Polres Lotim Kompol Kiki Firmansyah, S.I.K., M.H.

banner 720x90

Pengamanan dilangsungkan selama peringatan Paskah yakni sejak Kamis (1/4/2021) sampai dengan Sabtu (3/4/2021). Operasi tersebut bertujuan untuk menjaga kegiatan agar berjalan tertib, aman, dan damai. Sehingga para jemaat Gereja Bait Allah bisa lebih khidmat dalam mengikuti prosesi peribadatan.

“Kegiatan itu dilakukan guna meningkatkan keamanan serta kenyamanan umat Kristiani dalam melaksanakan peribadatan Paskah,” kata Kompol Kiki.

Aparat juga melakukan penjagaan ekstra ketat di semua gereja yang tengah melakukan peribadatan Jumat Agung. Dalam pengamanan ini, jajaran Polres Lotim mendapat dukungan personel dari TNI.

“Kami menerjunkan ratusan anggota dibantu dengan personel dari Polsek jajaran serta TNI dan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Timur,” jelasnya.

Petugas memberlakukan prosedur yang ketat terhadap para jemaat, salah satunya dengan pemeriksaan detektor logam. Jajaran Polres Lotim juga juga mengecek barang bawaan para  jemaat. 

banner 720x90

“Kami melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengantisipasi gangguan keamanan,” tutur dia.

Sementara itu Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio, S.I.K., M.H. melalui Kasubbag Humas Ipda Jaharidin mengatakan, di wilayah hukumnya, rangkaian kegiatan peringatan Paskah berlangsung aman dan lancar.

“Tiga hari ini kami pastikan jaminan keamanan dalam ibadah Paskah. Sampai hari Sabtu, pengamanan dilakukan secara lintas instansi,” kata AKBP Tunggul.

Tak hanya menjamin pengamanan, jajaran kepolisin juga memastikan semua gereja yang menggelar peringatan Paskah menerapkan protokol kesehatan.

“Kami juga mengecek protokol kesehatannya. Di semua gereja diterapkan dengan baik. Semua merasa tenang dalam menjalankan ibadah di gereja. Kami berusaha semaksimal mungkin agar keadaan tekendali dan kondusif. Waspada harus, siaga terus dijaga, tapi warga beraktivitas seperti biasa,” ujar Kapolres Lotim. (*)  

No More Posts Available.

No more pages to load.