Jembatan TMMD ke-110 Dikerjakan oleh Teknisi Ahli Kodim 0607/Kota Sukabumi

oleh -
Pemasangan besi VF pada jembatan yang dibangun oleh Tim TMMD ke-110 menggunakan ekskavator karena berat satu bentangan besi lebih dari 1 ton.

Wartawan Rizwan

SUKABUMI.  Pembangunan jembatan pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 dikerjakan oleh teknisi ahli dari Kodim 0607/Kota Sukabumi. Sebagai penanggung jawab TMMD ke-110 di Kabupaten Sukabumi, Kodim 0607 ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

banner 720x90

Konstruksi landasan jembatan menggunakan besi VF dan cor beton. Pantauan di lapangan, Sertu Anim Mahfud dan Serda Anton Lukas dari Kodim 0607/Kota Sukabumi dibantu anggota lainnya mempersiapkan besi mulai pemotongan, pengelasan, hingga pemasangan empat lajur besi VF di atas jembatan.

Semua itu dikerjakan oleh tenaga ahli di bidang konstruksi besi.

Lokasi pembangunan di Kampung Kebon Panjang, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Dalam mengerjakan jembatan tersebut, Tim TMMD mendapat bantuan tenaga dari masyarakat melalui gotong royong.

“Untuk kekokohan bangunan, kita memilih landasan jembatan menggunakan konstruksi besi VF yang kuat. Jembatan ini membutuhkan 4 batang besi VF. Setiap batang besi VF memiliki beban 1,2 ton. Jadi, kita pasangnya pakai ekskavator,” kata Sertu Anim Mahfud kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Penggunaan besi VF pada landasan konstruksi jembatan, ujar dia, sudah melalui perhitungan yang matang. Tujuannya agar hasilnya bisa maksimal dan tidak akan meleset.

banner 720x90

Sebagai tenaga ahli di bidang konstruksi besi, Sertu Anim dan Serda Anton sangat bersemangat mengerjakan tahapan-tahapan pembangunan jembatan.  

“Setelah pemasangan landasan, besi VF ukuran 500 milimeter sudah siap digeser ke atas fondasi yang sudah dicor. Berikutnya tinggal dipasang UNP untuk mengikat besi-besi VF,” jelas Sertu Anim.

Setelah semua pemasangan landasan itu selesai, selanjutnya Sertu Anim beserta tenaga ahli lainnya tinggal memasang bondek dan wermes lalu pengecoran akhir. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.