Polda NTB Launching Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Jilid 2

oleh -
Penghancuran bola yang bentuknya menyerupai Virus Corona olah Kapolda NTB, Gubernur NTB, dan Danrem 162/WB menandai peluncuran Kampung Sehat 2 di Mapolda NTB.

Polda NTB Launching Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Jilid 2

Wartawan Budiman

banner 720x90

MATARAM. Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar launching Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru 2 (Jilid 2). Peluncuran lomba dipimpin Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. di Lapangan Tenis Mako Polda NTB, Kamis (18/2/2021).

Kegiatan tersebut mengikutsertakan unsur pemerintah daerah, sejumlah Polres, Polsek dengan dukungan TNI dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Launching Lomba Kampung Sehat dihadiri  Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Sekda, Asisten III, Kepala Dinas Kesehatan, beserta seluruh jajaran Forkopimda lainnya, para Kapolres dan jajaran Polda NTB. 

Dalam arahannya Kapolda NTB mengatakan, konsep kampung sehat yang dilombakan bertujuan untuk menumbuhkan peran aktif masyarakat sebagai kunci keberhasilan dalam penanganan Covid – 19. Dalam hal ini pemerintah, TNI, dan Polri hanya sebagai motivator, fasilitator, dan supervisor. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Kadinkes NTB, Forkopimda, para Kapolres dan jajaran Polda NTB yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan kampung sehat ini,” kata mantan Kadiv Humas Mabes Polri tersebut.

banner 720x90

Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru 2 (Jilid 2) akan berlangsung selama 3 bulan ke depan yakni mulai tanggal 10 Februari sampai dengan 20 Mei 2021.

Beberapa bidang  yang menjadi indikator penilaian Kampung Sehat kali ini meliputi bidang kesehatan, bidang keamanan, dan bidang ekonomi kreatif dengan mengedepankan motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di NTB.

“Lomba Kampung Sehat Jilid 2 ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat NTB semakin produktif,” ujarnya.

Khusus jajaran Forkopimda yang ada di Pulau Sumbawa, mereka mengikuti acara launching tersebut melalui video conference.

Kapolda juga menyatakan, dia akan  menyiapkan Batalyon Vaksinator untuk membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat melalui Program Kampung sehat Jilid 2.

Sementara itu Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah menilai, program ini bagus sekali kembali dilaksanakan karena masih ada warga yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid -19.

“Kita berharap, dengan adanya kampung sehat dua  ini, kerapian dan indahnya desa serta penerapan protokol kesehatan bisa tetap ditegakkan,” kata gubernur. 

Komandan Korem (Danrem) 162/WB Achmad Rizal Ramdhani, M.Han. yang hadir pada acara launching tersebut mengungkapkan, dia berserta jajarannya di NTB akan mensupport secara penuh program Kampung Sehat Jilid 2. 

“Rencananya minggu depan  kami akan membuka lahan di Sumbawa untuk pengembangan sorgum,” ujar Danrem.

Untuk mensukseskan Kampung Sehat Jilid 2  pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan seluruh jajarannya di NTB, termasuk Babinsa yang tersebar di seluruh NTB.

“Kami sudah persiapkan langkah-langkah untuk mensukseskan Kampung Sehat jilid 2 ini,” tegasnya.  

Sekda Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs H Lalu Gita Ariadi menambahkan bahwa program Kampung Sehat yang diinisiasi Polda NTB ini selaras dengan instruksi Gubernur NTB Nomor 180 Tahun 2021.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri turut mendukung program Kampung Sehat Jilid 2. Program tersebut, kata dia, menjadi salah satu program di NTB yang sangat strategis untuk menurunkan angka Covid-19. (*)  

No More Posts Available.

No more pages to load.